Jurnal PKL ke 41

 

 Engineer On site di kemendikbud Cipete Jakarta Selatan

Aktivitas:

Hari ini ada beberapa kasus berbeda yang harus ditangani selain monitoring rutin.


🔹 Case 1: Gedung F Lantai 2, Ruang Kepala BAN-PDM

Problem:
Client mengeluhkan kualitas sinyal Wi-Fi tidak baik (lag). Setelah dicek, ruangan tersebut ternyata terhubung ke AP yang berada di ruangan lain, dengan jarak cukup jauh dan terhalang beberapa dinding.

Solution:

  1. Melakukan pengecekan titik AP terdekat.

  2. Mengecek perangkat di ruangan tersebut terkoneksi ke AP mana.

  3. Merencanakan relokasi AP agar coverage lebih baik.

Result:
Diputuskan bahwa AP di ruang kosong Gedung F akan digeser ke ruang BAN-PDM untuk memperbaiki kualitas sinyal.

Catatan: Akan dilakukan relokasi AP.




🔹 Case 2: Gedung F Lantai 2, BAN-PDM – AP Tidak Menyala

Problem:
AP tidak menyala dan client tidak bisa terkoneksi.

Solution:

  1. Melakukan pengecekan fisik AP dan tracing kabel dari AP ke Access Switch.

  2. Memeriksa status interface di controller.

  3. Menemukan bahwa AP terhubung ke port 1 di Access Switch lantai 2, namun port tersebut mati.

  4. AP kemudian dipindahkan ke port 5 yang aktif.

Result:
AP kembali menyala dan koneksi wireless menjadi stabil kembali.






🔹 Case 3: Gedung C Lantai 1, Ruang Podcast

Problem:
Client mengeluhkan kualitas sinyal tidak baik (lag).

Solution:

  1. Melakukan pengecekan kecepatan internet dengan speedtest.

  2. Melakukan ping test untuk memastikan koneksi internet.

Result:
Tidak ditemukan masalah, koneksi internet stabil dan tidak ada kendala.

Catatan: Client yang bermasalah menggunakan perangkat Macbook.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Installasi/Konfigurasi Server DNS Red Hat Enterprise Linux (RHEL)

Installasi Web Server di Red Hat Enterprise Linux (RHEL)

install dan konfigurasi LMS (moodle) di Red Hat Enterprise Linux (RHEL)